Sejarah Gereja: Perjalanan Gereja dari Masa ke Masa


 Latar Belakang

Sejarah Gereja berupaya menelusuri perjalanan umat Kristus dalam membentuk persekutuan yang disebut Gereja. Kemudian gereja berkembang dan kemudian menyebar ke daerah lain, sehingga gereja berdiri di berbagai daerah. Awal mulanya persekutuan itu dimulai di Yerusalem. Karena adanya aniaya dan tekanan dari orang-orang yang tidak senang dengan kekristenan, akhirnya umat Kristus berpencar ke berbagai daerah.

Jonar sebagai pengarang buku mengatakan bahwa sangatlah berat perjuangan para pendiri gereja-gereja dulu untuk membentuk suatu persekutuan yang namanya Gereja. Merka harus melewati aniaya demi aniaya dari orang-orang yang tidak menerima umat Kristen, bahkan yang lebih mengerikan adalah sampai mempertaruhkan nyawa (mati syahid). Oleh karena itulah Jonar mau menulis buku ini, supaya semua orang mengetahui bagaimana beratnya perjuangan dalam membentuk Gereja.

 

Susunan Subtema

1.     Sejarah Gereja Mula-mula

2.     Sejarah Gereja Ortodoks

3.     Sejarah Gereja Katolik

4.     Sejarah Gereja Kristen (Protestan)

5.     Sejarah Gereja Pentakosta

6.     Sejarah Gereja (gerakan) Kharismatik

 

Perjalanan Gereja dari Masa ke Masa

            Lahirnya gereja adalah karena adanya peran dari tiga negara yaitu Yunani, Yahudi dan Romawi. Gereja dipengaruhi oleh kebudayaan Helenisme, yaitu kebudayaan Yunani yang disebarkan di seluruh wilayah kekuasaan Romawi. Secara politis, dunia yang di dalam gereja lahir dan berkembang terbagi atas dua negara besar, yaitu kekaisaran Roma dan kekaisaran Partia (sesudah tahun 225 disebut Persia).

Ketika kekristenan muncul, yaitu pada zaman gereja mula-mula (zaman rasul-rasul), kekaisaran yang berkuasa saat itu adalah kekaisaran Roma. Masa kekuasaan Romawi ini dikenal dengan istilah “Pax Romanum”, yang menganggap bahwa kekaisaran Romawi dapat membawa kedamaian bagi dunia. Awal mulanya berdiri kerajaan Romawi ini memang terlihat aman dan tentram, jaya, dan dikenal dunia, yaitu pada masa pemerintahan Julius Caesar dan Kaisar Augustus, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Ketika berpindah kekuasaan, ada penyelewengan dan pemaksaan yang merugikan banyak orang khususnya daerah-daerah yang ditaklukkan Romawi.

            Gereja Ortodoks menyebut dirinya “Gereja Ortodoks” atau gereja Katolik Gerika. Organisasinya tidak berpusat pada satu kota atau seseorang patriarkh saja, tetapi gereja ini terdiri dari beberapa gereja se-negeri di Rusia dan Balkan, yang dipimpin oleh patriarkh-patriarkh atau sinode-sinode. Gereja Ortodoks Timur percaya bahwa bila dibanding dengan gereja Katolik Roma, merekalah yang mencerminkan bentuk Kristen yang paling asli. Gereja Ortodoks dianiaya oleh kaum Komunis pada abad ke-20.

 

                       

Poin-poin penting


  1. Lahirnya kekristenan atau gereja tidak lepas dari peran serta tiga negara besar yang berpengaruh pada masa gereja mula-mula yaitu Yunani, Yahudi dan Romawi.
  2. Dalam bidang kebudayaan, gereja dipengaruhi oleh kebudayaan Helenisme, yaitu kebudayaan Yunani yang disebarkan di seluruh wilayah kekuasaan Romawi.
  3. Dalam bidang politik, gereja lahir dan berkembang didalam dua negara besar, yaitu Kekaisaran Roma dan Kekaisaran Partia (Parsia).
  4. Dalam bidang keagamaan, dalam wilayah geraja terdapat beranekaragam agama, mulai dari agama-agama suku sampai berbagai macam aliran kepercayaan.
  5. Orang Yahudi menganggap kekristenan itu adalah Sekte.
  6. Sebutan Kristen pertama kalinya muncul di Antiokhia (Kis. 11:26).
  7. Filsafat Yunani membuka jalan bagi penerimaan Kristen.
  8. Nama yang melegenda dari Yunani adalah Socrates.
  9. Martir adalah seseorang meninggal karena imannya.
  10. Kekaisaran yang berkuasa pada zaman gereja mula-mula (zaman rasul-rasul) adalah kekaisarann Roma.
  11. Nero adalah sebuah paradoks-seorang yang sangat kreatif digabung dengan sifat jahat serta kekejaman yang luar biasa.
  12. Gnostisisme adalah suatu hikmat tinggi yang rahasia dan tersembunyi tentang asal dan tujuan hidup manusia.
  13. Doketisme mengajarkan bahwa Yesus hanya seolah-olah manusia saja dan mengajarkan bahwa Yesus hanya tampak tubuh saja.
  14. Marcian berpendapat bahwa orang yang tergantung di kayu salib bukanlah Yesus sesungguhnya, melainkan hanya tampilan atau tampakan Yesus sebagai manusia yang berdaging.
  15. Ebionisme berpendapat bahwa sifat ilahi Kristus tidak asli dan menganggap bahwa Kristus hanya seorang yang kepenuhan Roh Kudus saja.
  16. Manicheisme adalah salah satu bentuk dan salah satu bentuk puncak dari gnostik.
  17. Montaisme adalah berkeyakinan bahwa dsipensasi Roh kudus ini dimulai dengan pelayanannya.
  18. Arianisme berpendapat bahwa Yesus adalah ciptaan Allah yang sulung dan yang paling tinggi derajatnya.
  19. Apollinarianimes berpendapat bahwa Yesus memiliki tubuh dan jiwa, tetapi tidak memiliki dan Yesus tidak dapat dikatakan sebagai manusia sejati serta sifat manusia yang ada pada Yesus kurang sempurna.
  20. Nestorianisme berpendapat bahwa apabila Kristus sungguh-sungguh Allah dan sungguh-sungguh manusia, itu suatu keduaan dan bukan suatu keesaan.
  21. Eutychianisme berpendapat bahwa dua tabiat Kristus bercampur menjadi satu, sehingga menjadi tabiat ketiga.
  22.  Kanon mempunyai arti pengukur atau suatu standar.

23.  Pengakuan iman disebut dengan “credo” yang berarti “aku percaya” dan mempunyai tujuan yaitu untuk membentengi gereja Tuhan dari pengajaran sesat atau bidah.

24.  Sebutan gereja Barat berarti yang suasananya dipengaruhi oleh pendapat-pendapat seperti dulu timbul di wilayah kekaisaran Romawi bagian Barat dan sedangkan gereja Timur berarti yang dipengaruhi oleh pendapat-pendapat seperti yang dulu terdapat di kekaisaran Romawi bagian Timur.

25.  Penyebab terjadinya pemisahan antara gereja Barat dan Gereja Timur adalah masalah kepemimpinan.

26.  Gereja Timur menyebut dirinya “Gereja Ortodoks” atau gereja Katolik Gerika.

27.  Kekaisaran Romawi mengalami keruntuhan karena pecahnya kekaisaran Romawi Barat dan Romawi Timur, cara pemerintahan yang buruk, banyak daerah jajahan yang melepaskan diri dan kurang memperhatikan pertahanan negara.

28.  Ruang Mezbah dianggap sebagai ruangan yang paling kudus, di dalam gereja serta bagian-bagian yang dikhususkan untuk presbiter dan pembantu-pembantunya.

  1. Konstantinus mempunyai semboyan: satu Allah, satu negara,satu kaisar.

 

 Kekuatan

1.     Buku ini sangat bagus untuk dijadikan bacaan sebagai penambah wawasan dalam pengetahuan tentang sejarah gereja umum.

2.     Buku ini menceritakan mulai dari sejarahnya hingga tokoh-tokoh sejarah gereja secara lengkap.

Post a Comment

0 Comments