Firman Tuhan Dalam Ibadah Peringatan Kemerdekaan RI ke 75 tahun

 


        Mari kita isi kemerdekaan jasmani kita dengan hal-hal yang rohani

ITB   Galatians 5:1 Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan. (Gal 5:1 ITB)

·        Kita mau sungguh-sungguh merdeka, dan kemerdekaan iu sudah dilepaskan oleh Tuhan Yesus, yang melepaskan kuk perhambaan

·       Sering kali kesalah pahaman kita tentang dosa membuat kita sulit terlepas dari dosa, pemahaman kita sering kali mengarah pada bahwa di bumi sewajarnya tempat dimana ada dosa dan kalau sudah di sorga tidak ada dosa. Pemikiran seperti ini menghambat proses kita untuk sama seperti Yesus yang menuju kesempurnaan. Padahal Yesus Kristus telah memerdekakan kita secara rohani.

Apa artinya Merdeka secara Rohani?

1. Dibeli oleh darah Yesus

19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

 

 20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu! (1Co 6:19-20 ITB)

·       Secara rohani kita telah dimerdekakan oleh darah Yesus, sehingga hidup kita bukannya kita lagi karena harga penebusan kita sudah dibayar lunas. Yang Tuhan rindukan muliakan Allah dengan tubuh kita, dengan cara mempersembahkan tubuh sebagai persembahan yang berkenan

10 Inilah tandanya anak-anak Allah dan anak-anak Iblis: setiap orang yang tidak berbuat kebenaran, tidak berasal dari Allah, demikian juga barangsiapa yang tidak mengasihi saudaranya. (1Jo 3:10 ITB)

·       Kalau kita tidak dalam kebenaran = dalam dosa = belum dibeli = masih miliknya iblis.

·       Kalau kita sudah dibeli oleh Tuhan = memuliakan Allah dengan melakukan kebenaran. Kalau budak secara jasmani bisa terbebas saat ada yang menebus atau dirinya yang menebus sendiri, tapi kalau secara rohani yang dapat menebus dosa hanya darah Anak Domba (Yoh 1:29), yang mampu menebus dosa adalah pribadi yang tidak berdosa.

·       Tanda kita sudah ditebus jadi anak Allah; berhenti berbuat dosa hidup dalam kemerdekaan.

 

Lukas 11:20

20 Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu.

 21 Apabila seorang yang kuat dan yang lengkap bersenjata menjaga rumahnya sendiri, maka amanlah segala miliknya.

 22 Tetapi jika seorang yang lebih kuat dari padanya menyerang dan mengalahkannya, maka orang itu akan merampas perlengkapan senjata, yang diandalkannya, dan akan membagi-bagikan rampasannya.

 23 Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan." (Luk 11:20-23 ITB)

·       Saat kita sudah ditebus & percaya pada Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat, kita diambil dari kerajaan iblis dan diperlengkapi dengan senjata, oleh karena itu kita harus tetap bersama dengan Tuhan. Kalau tidak bersama dengan Tuhan = tercerai beraikan.

 

Yohanes 1:12

12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; (Joh 1:12 ITB)

·       Anak-anak Allah adalah anak yang berkuasa yang bisa menjatuhkan siapa yang mau menceraiberaikan.


2. Kehidupan yang terang

Kolose 1:13

13 Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; (Col 1:13 ITB)

·       Merdeka rohani adalah hidup yang dipindah dari suasana gelap kepada suasana terang kemuliaan Tuhan. Pindah dari kerajaan iblis kepada kerajaan Allah.

 

Efesus 2:6

6 dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga, (Eph 2:6 ITB)

·       Karena kita sudah dibeli dengan lunas oleh darah Yesus menjadi anak-anak Allah, maka kita memiliki ha katas kerajaan Allah lewat proses kematian dan kebangkitan.

 

3. Ada perubahan hukuman

Roma 8:1-2

1 Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.

2 Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut. (Rom 8:1-2 ITB)

·       Hidup dalam Roh yang memerdekakan sudah tidak ada belenggu hukum dosa

·       Hidup di dalam Roh supaya kita hidup, dan jangan hidup menurut daging karena sebenarnya kita sudah terlepas dari saat-saat kebodohan kita.

 

4. Mengalami pembaharuan

2 Korintus 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

·       Saat kita sudah merdeka rohani kita akan mengalami pembaharuan dalam hidup kita

·       Setelah lunas dibeli oleh darah Yesus, kita dijadikan anak-anak Allah dan masuk dalam terangNya Kerajaan Allah untuk suatu saat memakai hukum roh dan dimulai dari saat di dunia dengan hidup dipimpin dalam Roh Kudus sampai kita menjadi ciptaan baru.

 

Yohanes 3:4-6

4 Kata Nikodemus kepada-Nya: "Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?"

 5 Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.

 6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.

·       Untuk mengalami pembaharuan dimulai dari lahir dari air dan Roh. Mengalami kelahiran baru dari Roh supaya kita memiliki sifat illahi.

 

2 Petrus 1:4

4 Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.

·       Pada hakikatnya kita adalah bangsa kafir yang setara makhluk yang jatuh bagun dalam dosa, tapi kemurahan Tuhan kita diangkat supaya masuk dalam terangNya yang ajaib, oleh karena itu miliki sifat Illahi sampai kodrat kafir di ubah menjadi kodrat Illahi.

·       Belajar dari Peti Tabut Perjanjian yang dibuat dari kayu penaga yang hitam, tapi saat disalut dengan emas (kodrat Illahi) yang terlihat hanya emas saja.

·       Saat kodrat Illahi kita miliki maka kemerdekaan kita akan tetap tinggal sehingga kita bisa mengisi kemerdekaan kita dengan perkara rohani; ibadah, pelayanan, dll.

 

TUHAN YESUS MEMBERKATI

Post a Comment

0 Comments