Bertemu Muka Dengan Tuhan Kejadian 32:22-32



           Hidup Kristen indah dan menyenangkan, karena sebagai anak Tuhan, kita dapat bertemu muka dengan Tuhan yang adalah Bapa kita. Alkitab mencatat, Allah berbicara kepada Musa berhadapan muka dengan muka, sama seperti seorang sahabat. Walaupun kita tidak mempunyai karunia untuk dapat berjumpa secara fisik dengan Tuhan, tetapi di dalam iman kita dapat berjumpa dengan Tuhan setiap hari. perjumpaan dengan Tuhan secara fisik maupun di dalam iman, tidak ada bedanya. Paulus berkata; “hidup yang kujalani sekarang bukan karena melihat, tetapi hidup karena percaya” (2 Kor. 5:7)

            Pelajaran penting di dalam peristiwa perjumpaan Yakub dengan Tuhan:

1.     Seorang yang berjumpa Tuhan, muka dengan muka, karakternya akan menjadi berubah (ay. 27-28)
Yakub, yang berarti penipu atau tidak lurus hidupnya, setelah berjumpa dengan Tuhan, namanya diubah oleh Tuhan menjadi Israel, yang artinya Tentara Allah. Setiap perjumpaan kita dengan Tuhan pasti akan menghasilkan perubahan pada karaktek kita.

2.     Perjumpaan dengan Tuhan selalu mendatangkan berkat (ay. 26)
Berbicara tentang berkat Tuhan, mencakup berkat jasmani dan rohani. Ciri khas orang yang diberkati adalah, selalu bersyukur dalam segala perkara, dan dapat belajar dari setiap masalah yang terjadi dalam hidupnya.

3.     Perjumpaan dengan Tuhan, membuat kita menyadari kelemahan sendiri dan menerima kekurangan orang lain (ay. 31)
Yakub bisa menerima kelemahan orang lain, karena ia juga punya kekurangan. Seorang yang berbahagia sesungguhnya adalah seorang yang mau mengerti dan menerima kelemahan orang lain.

4.     Perjumpaan dengan Tuhan mendatangkan kesiapan untuk bertanggung jawab (ay. 22-23)
Perjumpaan Yakub dengan Tuhan menjadikannya siap menanggung segala resiko untuk berjumpa dengan Esau kakaknya. Perjumpaan kita dengan Tuhan membuat kita berani menghadapi segala persoalan hidup, sebab kita yakin bersama dengan Tuhan segala persoalan pasti dapat diatasi.

Apk: Dengan iman percaya, kita dapat berjumpa dengan Tuhan setiap hari bahkan setiap saat. Berjumpa dengan Tuhan muka dengan muka, selalu menghasilkan sesuatu. Dengan kata lain, kalu hasil itu belum kita lihat dalam hidup ini, ada kemungkinan kita belum sungguh-sungguh berjumpa Tuhan muka dengan muka.

Post a Comment

0 Comments