Berkompetisi Dengan Sehat


MATIUS 20:20-28
“Kamu tahu, bahwa pemerintah-pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi dan pembesar-pembesar menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka. Tidaklah demikian di antara kamu”

ὁ δὲ Ἰησοῦς προσκαλεσάμενος αὐτοὺς εἶπεν· οἴδατε ὅτι οἱ ἄρχοντες τῶν ἐθνῶν κατακυριεύουσιν αὐτῶν καὶ οἱ μεγάλοι κατεξουσιάζουσιν αὐτῶν

            Hidup ini penuh dengan kompetisi dan persaingan. Untuk meraih posisi yang lebih tinggi atau puncak, membutuhkan suatu keterampilan, kemampuan dan profe-sionalisme di bidang masing-masing. Sebagai umat Kristen, kita tidak cukup hanya pintar saja, tetapi juga harus memiliki hikmat yang luar biasa serta memiliki perofesionalisme yang tinggi. Di dalam Alkitab diceritakan bahwa Daniel memiliki kecerdasan dan pengertian 10x lebih hebat dari semua orang berilmu di Babel. (Dan. 1:20)
Bagaimana umat Kristen berkompetensi dengan sehat?

1.     Tidak boleh menghalalkan segala cara (1Sam. 18:17&25).
Kita tidak boleh mecelakakan/menjatuhkan orang lain dengan rekayasa jahat. Selain itu, kita tidak boleh iri atau dengki atas kemajuan orang lain. Tetapi hendaklah kita berdoa, belajar dan bekerja lebih keras dari pengalaman kesuksesan orang lain agar kita bisa lebih maju.

2.     Jangan menjual hak kesulungan/Tuhan Yesus (Kej. 25:29-34)
Untuk meraih posisi puncak atau harta yang melimpah, biasanya iblis datang dengan tawaran agar klita melepaskan kepercayaan kita kepada Tuhan Yesus (pindah agama). Tetapi justru dalam keadaan apapun, kita harus datang kepada Tuhan Yesus, maka Tuhan akan memberikan kekuatan dan hikmat.

3.     Berlaku benar dan baik untuk mencapai posisi puncak (1 Sam. 18:5,14&30)
Walaupun banyak tantangan dan cobaan, sampai dikejar-kejar Saul untuk dibunuh, tetapi daud tetap menjaga hatinya dan menjaga hidupnya di hadapan Tuhan, sehingga akhirnya Daud diangkat menjadi raja Israel.

4.     Lakukan semuanya untuk kemuliaan Tuhan (1 Kor. 10:13)
Orang Kristen janganlah menjadi batu sandungan bagi orang lain. Tetapi harus menjadi terang, garam dan berkat bagi semua orang dalam berkompetisi. Bila kita sudah berada di posisi puncak, jangan menjadi sombong, tetapi lakukanlah semuanya untuk kemuliaan Tuhan Yesus.

Apk: Di dalam kehidupan yang penuh persaingan dan kompetisi, sebagai orang Kristen kita harus berkompetisi dengan sehat. Oleh karena itu, milikilah kecerdasan, himat, kemampuan dan profesionalisme yang tinggi, serta selalu mengandalkan Tuhan sepenuhnya. Sehingga apapun yang kita kerjakan dibuat berhasil oleh Tuhan dan akhirnya semuanya bagi kemuliaan nama Tuhan Yesus.

Doa: Tuhan, kami rindu membangun hidup yang berkenan di hati-Mu, berjalan di dalam kehendak-Mu, dan semakin bertambah di dalam pengenalan akan kebenaran-Mu. Amin

Post a Comment

0 Comments