Menghadapi Penyesat Iman Yudas 1:18



“Sebab mereka telah mengatakan kepada kamu: “menjelang akhir zaman akan tampil pengejek-pengejek yang akan hidup menuruti hawa nafsu kefasikan mereka.”

            Kehadiran guru-guru palsu atau pengajar-pengajar sesat yang berusaha menggoyahkan iman orang-orang percaya sudah ada sejak kekristenan mula-mula. Ajaran yang mereka sebarkan bertujuan untuk menggeser jemaat Tuhan dari pengajaran yang benar, yang sesuai dengan pengajaran para rasul. Dalam suratnya, Yudas juga mengingatkan tentang perkataan para rasul sebelumnya bahwa; pada hari-hari menjelang akhir zaman, akan tampil pengejek-pengejek dengan ejekan-ejekannya, yaitu orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsunya. Pengejek itu adalah orang-orang yang tahu kebenaran firman Tuhan, tapi mereka justru mengingkarinya, bahkan membelokkan kebenaran firman demi kepentingan diri mereka sendiri. Mereka adalah orang-orang yang sangat berbahya, sebab pengaruh buruk yang mereka tularkan dapat menimbulkan perpecahan dalam tubuh jemaat.

            Di masa kini, kehadiran pengajar-pengajar sesat tersebut harus kita wapasadai. Ajaran mereka bukan hanya bisa menyesatkan orang-orang yang belum mengenal Kristus, melainkan juga dapat menggoyahkan iman orang-orang yang sudah mengaku percaya pada Kristus. Kehadiran mereka dapat mengancam keutuhan gereja dan menyerang dari luar maupun dari dalam gereja itu sendiri. Untuk menghadapi para penyesat akhir zaman ini, Yudas memberikan beberapa nasihat yaitu agar kita senantiasa membangun iman, selalu hidup dalam ketaatan kepada Kristus, saling menguatkan serta menyelamatkan mereka yang terjerat oleh ajaran para penyesat tersebut.

            Para penyesat itu ada di sekitar kita, bahkan mungkin adalah orang yang dekat dengan kita. Sebab itu berhati-hatilah sebelum kita benar-benar disesatkan lalu berbalik melawan kebenaran firman Tuhan! Apabila muncul pengajaran sesat di dalam persukutuan kita, jangan ragu untuk menentangnya. Itulah sebabnya penting bagi kita memiliki dasar teologi yang benar dan kuat agar kita mampu menangkal ajaran sesat tersebut. Selidiki Alkitab dengan seksama agar kita mengerti mana ajaran yang benar dan sesuai dengan kebenaran firman Tuhan, jangan memberi celah sedikitpun pada para penyesat, tetapi hadapilah mereka dengan segala hikmat yang telah dikaruniakan Allah pada kita. Amin


Post a Comment

0 Comments