DAMPAK BERMAIN GAME ONLINE DAN OFFLINE PADA HANDPHONE

 


PENDAHULUAN

      Game online dan game offline merupakan game yang di buat oleh creator game pada computer dan aplikasi tertentu. Awal mucul nya game pertama kali ada di Amerika Serikat, Jepang dan Eropa. Pada tahun 1980 an

 

Setiap manusia di Indonesia umumnya suka bermain game, baik itu game online maupun game offline. Game dimainkan pada waktu tertentu , dan game pun dapat mengisi dan game pun dapat mengisi waktu kosong dan bisa menghilangkan kebosanan. Game tidak hanya di mainkan oleh orang dewasa saja tetapi sudah menjalar atau menyebar luas ke anak-anak tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas bahkan Mahasiswa dan juga Pekerja Kantoran. Ada banyak game yang paling sering di mainkan bahkan paling sering di download contohnya : Mobile Legends, AOV, Battle Ship, Point Blank, game-game tersebut bersifat online dan hanya dapat di download di aplikasi Playstore

Dan game yang bersifat offline yang paling sering di download anak-anak bahkan orang dewasa contohnya : Fending Frenzy, Bubble,Dinner Dash dan masih banyak lagi. Nah dari setiap game yang di mainkan ada dampak nya bagi kesehetan dan waktu juga. Banyak anak remaja bahkan dewasa lupa waktu, lupa sekolah, lupa akan pekerjaan dan tugas-tugas mereka sebagai manusia akibat bermain game sepenjang hari. Ini yang menjadi permasalahan di Indonesia.

 

Upaya pemerintahan Indonesia untuk menghapus game-game yang tidak bermanfaat pada kehidupan remaja dan dewasa di picu banyak komentar yang membuat game tidak di hapus dari aplikasi Playstore (tempat unduhan game). Dan sampai saat ini masalah ini belum tratasi. Indonesia berupaya mencegah dan menanggulangi masalah maraknya bermain game pada anak remaja dan dewasa, banyak upaya yang di lakukan agar anak Indonesia tidak menjadi bodoh karena hanya bermain game saja, bermain game boleh tapi harus ingat waktu dan melaksanakan kewajiban sebagai umat manusia. Di Indonesia 89 % anak remaja dan dewasa lebih cenderung bermain game dari pada mengerjakan tugas rumah atau pekerjaan mereka, mereka lebih asik menghabiskan waktu bermain game, ketimbang memikirkan masa depan. Bahkan ada yang rela uang nya habis membeli paket internetan demi bermain game yang mereka sukai. Indonesia angka kerusakan mata pada anak remaja dan dewasa sangat tinggi mencapai 98 % dan salah satu akibat nya adalah bermain game dan terlalu lama di depan computer sambil bermain game online maupun offline.

 

      Game online dan game offline merupakan game yang di buat oleh creator game pada computer dan aplikasi tertentu. Beberapa orang berpendapat bahwa game memicu adrenaline yang kuat dan kepercayaan diri yang kuat tetapi hanya di dalam game itu saja, di luar game itu tidak sedemikian. Masalah – masalah yang mucul saat bermain game dapat saya simpulkan sebagai berikut :

1.     Sebenarnya, apa yang menjadi alasan anak-anak remaja dan dewasa hobby bermain game online dan offline?

2.     Apa manfaat game tersebut bagi anak-anak remaja dan dewasa tersebut?

3.     Bagaimana cara mereka memainkan beberapa game tersebut dengan fitur-fitur tertentu?

4.     Apakah mereka bermain game dengan cara berkelompok atau seorang diri?

 

Tujuan penelitian

Penelitian di lakukan dengan tujuan sebagai berikut:

1.     Mengetahui alasan yang sebenarnya mengapa masyarakat Indonesia, cendurung bermain game atau hobby bermain game.

2.     Mengetahui manfaat game bagi remaja dan dewasa di kalangan masyarakat Indonesia.

3.     Mengetahui bagaimana mereka memainkan beberapa game tersebut.

4.     Mengetahui apakah mereka bermain game secara berkelompok atau hanya seorang diri.        


Manfaat Penelitian

      Penelitian ini bermanfaat bagi mereka yang ingin mengetahui bagaimana cara bermain game yang baik dan benar bagi kalangan anak-anak remaja dan dewasa di Indonesia khususnya. Selain itu, penelitian ini akan menjadi petunjuk bagi mereka yang ingin berbaur dengan komunitas game yang dimainkan oleh anak-anak remaja dan dewasa masa kini khususnya di Indonesia.

Ruang Lingkup Metode Penelitian

      Ruang lingkup penelitian ini adalah komunitas gamers Mobile legend yang berada di Indonesia. Dalam melakukan penelitian, metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah penelitian lapangan dengan teknik penyebaran kuesioner secara acak kepada masyarakat Indonesia dan teknik wawancara kepada beberapa pecinta gamers di Indonesia.

ANALISIS

      Menurut beberapa orang beberapa game memiliki dampak tersendiri bagi kehidupan dan game juga bisa memicu pertengkaran dan kematian, mengapa demikian karena saat memainkan game tidak bermain dengan sportif tidak bermain dengan kejujuran bisa dikatakan bermain curang dan penyebab kematiannya adalah kurang nya istirahat dan pola makan juga tidak teratur karna bermain game lupa akan segalanya, Dan penyebab yang lain dapat di katakan bermain game dapat memicu seseorang berbuat jahat, contoh nya seseorang ingin bermain game online di warnet tapi tidak memiliki uang dan akhir nya mencuri karena ingin memainkan game tersebut.

      Dan saya melakukan penelitian lapangan kebeberapa tempat nongkrong dan warnet ternyata masih banyak kedapatan anak sekolah yang bolos sekolah karena main game di warnet dan nongkrong di cafe sambil bermain game online dan banyak di antara mereka yang di tanggkap aparat Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL-PP) di karenakan bolos sekolah hanya untuk memuaskan hasrat bermain game online dan offline di warnet (warung internet) dan di handphone mereka dengan teman-teman.

      Di satu tempat atau event tertentu saya jumpai bahwa game dapat menghasilkan uang dan menghasilkan trophy atau penghargaan jika digunakan dengan baik, di tempat lain saya jumpai juga game menjadi sebuah kompetisi yang menghasilkan uang, 80% orang diantaranya anak sekolah sampai yang sudah bekerja mengatakan bahwa game sangat bagus dalam mengisi waktu kosong dan menghapuskan lelah bahkan suntuk saat pulang sekolah maupun pulang kerja. 20 % orang diantaranya adalah Orang tua mengatakan game sangat tidak baik bagi anak-anak usia dini dan anak remaja bahkan yang sudah bekerja sekalipun karena ada beberapa game yang tidak mendidik dalam kehidupan.

      Berangkat dari makna dampak bermain game online dan offline pada handphone seperti tersebut diatas pesan universal untuk masyarakat Indonesia adalah selalu gunakan waktu terbaik bukan hanya untuk bermain game, memanfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin untuk mencari peluang menuju sukses. Menghasilkan yang terbaik bukan dari game melainkan dari hasil keringat yang di capai. Dan jangan jadikan game sebagai kebutuhan tapi jadikan game sebagai pengganti kebosanan dan suntuk dalam menghadapi sesuatu.

      Tetap carilah sisi positif dan negative dari sebuah game tersebut sebelum di mainkan dan hendak di bagikan kepada teman-teman bahkan lingkungan sekitar anda, jdikan lah game sebagai sarana pengganti kebosanan jangan jadikan game sebagai suatu kebutuhan seperti kita memakan nasi 3x1 hari dalam sehari, begitu juga dengan game harus bisa membatasi waktu di mana untuk bermain game dan di mana waktu untuk bekerja dan belajar.

Dampak Positif Dari Bermain Game Online dan Offline Pada Handphone.

Dampak Positif :

1.     Setiap game memiliki tingkat kesulitan/Level yang berbeda

 

Umumnya permainan ini dilengkapi pernak-pernik senjata, amunisi, karakter dan peta permainan yang berbeda. Untuk menyelesaikan level atau mengalahkan musuh secara efisien diperlukan strategi. Permainan game online akan melatih pemainnya untuk dapat memenangkan permainan dengan cepat, efisien dan menghasilkan lebih banyak poin.

2.      Meningkatkan konsentrasi

Kemampuan konsentrasi pemain game online akan meningkat karena mereka harus menyelesaikan beberapa tugas, mecari celah yang mungkin bisa dilewati dan memonitor jalannya permainan. Semakin sulit sebuah game maka semakin diperlukan tingkat konsentrasi yang tinggi.

3.      Meningkatkan koordinasi tangan dan mata

Penelitian yang dilakukan di Manchester University dan Central Lanchashire University menyatakan bahwa orang yang bermain game 18 jam seminggu atau sekitar dua setengah jam perhari dapat meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan.

4.     Meningkatkan kemampuan membaca

Psikolog dari Finland Univesity menyatakan bahwa game meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak. Jadi pendapat yang menyatakan bahwa jenis permainan ini menurunkan tingkat minat baca anak sangat tidak beralasan.

5.     Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris

Sebuah studi menemukan bahwa gamers mempunyai skil berbahasa inggris yang lebih baik meskipun tidak mengambil kursus pada masa sekolah maupun kuliah. Ini karena banyak alur cerita yang diceritakan dalam bahasa inggris dan kadang kala mereka chat dengan pemain lain dari berbagai negara.

6.      Meningkatkan pengetahuan tentang komputer

Untuk dapat menikmati permainan dengan nyaman dan kualitas gambar yang prima seorang peman game online akan berusaha mencari informasi tentang spesifikasi komputer dan koneksi internet yang dapat digunakan untuk memainkan game tersebut. Karena pengguna komputer aktif biasanya mereka juga akan belajar troubleshooting komputer dan overclocking.

7.     Meningkatkan kemampuan mengetik

Kemampuan mengetik sudah pasti meningkat karena mereka menggunakan keyboard dan mouse untuk mengendalikan permainan

   Dampak Negatif Dari Bermain Game Online dan Offline Pada Handphone dan

Dampak Negatif :

1. Berkurangnya Sosialisasi

Game online membuat kecanduan karena dalam game dituntut untuk melakukan banyak hal agar tidak tertinggal dengan orang lain, dengan tuntutan semua itu anak biasanya lebih menyita waktu depan game yang dia sukai, dan akibatnya tidak ada rasa ingin bermain dengan anak-anak lain dan hanya menikmati kesendirian depan game tersebut. Hal ini dapat berakibat negatif bagi pergaulannya.

2. Sulit Berkonsentrasi

Untuk anak yang mengalami kecanduan game online, membuat mereka susah berkonsentrasi dalam pelajaran. Hal ini disebabkan fikirannnya selalu ingin bermain game dan ingin segera pulang bermain game bersama teman-teman gamenya. Hal ini tentu berdampak buruk bagi masa depan anak. Kecanduan game online pun memiliki tahap yang bervariasi. Kurangnya perhatian dari keluarga membuat seorang anak lebih gampang terjun dan menikmati bermain game.

3. Sulit Berekspresi dan Berinteraksi

Dengan terbiasa berinteraksi satu arah yaitu depan monitor saja, membuat anak sulit berinteraksi dan akan menemukan waktu sulit untuk mengekspresikan diri sendiri, dengan otak anak yang terkenal sangat lincah, aktif, dan penuh ekplorasi sedikit demi sedikit akan tumpul bila kehidupannya hanya dalam satu ruangan saja karena interaksi sosial juga meningkatkan kepintaran anak.

4. Lupa Segala Hal

Terkadang anak tidak tahu dampak kekurangan makan, minum, dan kekurangan olahraga dapat menyebabkan badan mudah terkena penyakit tetapi bisa saja orang tersebut doyan makan, tetap saja kurangnya aktivitas yang dilakukan tubuh berdampak kurang bugar di masa depannya karena kurang lancarnya metabolisme tubuh. Radiasi yang dipancarkan monitor juga dapat merusak mata dan juga saraf, hal ini terbukti sering ditemui pemain games yang sering menggunakan kacamata.

Sekian teman-teman tentang Dampak Positif Dan Negatif  Bermain Game Online Dan Offline. Bermain game online dan offline itu sebenarnya boleh-boleh saja asal tidak mengganggu aktivitas keseharian kita dan asalkan tidak lupa sama waktu aja. Karena waktu adalah segalanya, gunakanlah waktu mudamu dengan sebaik mungkin dan lakukanlah segala hal yang bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang banyak, Sekian semoga bermanfaat.                                                                                                      

SIMPULAN DAN SARAN

      Dari analisis di atas dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, sebenarnya, alasan

masyarakat Indonesia, khsusnya di Medan, yang di wakili oleh 50 orang, mengadakan acara atau event pertandingan sebuah game untuk menjalin silaturahmi antar gamers se Indonesia agar rasa persaudaraan dan rasa persatuan di antara mereka dapat meningkat dengan melakukan tradisi kumpul bersama dan main game bareng,bukan hanya bermain game saja tapi saling bertukar pendapat mengenai game yang di mainkan dan bertukar pengalaman. Kedua manfaat diadakannya acara tersebut bagi mereka untuk menjaga rasa persaudaraan dan persatuan antar gamers yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam sebuah komunitas game. Ketiga, cara mereka melakukan acara dan event seperti yang di lakukan oleh kebanyakan komunitas, yaitu kumpul bersama untuk saling bersilahturahmi, bertukar pendapat, mengetahui karakter pemain game tersebut dan berbagi cerita serta pengalaman sejak bermain game tersebut. Keempat, acara ini tidak hanya di lakukan oleh masyarakat tertentu, yang memiliki uang banyak, tetapi juga di lakukan oleh mereka yang perekonomian nya minim. Hal ini menunjukkan bahwa event atau acara gamers ini sudah menyebar ke seluruh Indonesia.

      Dari simpulan di atas diketahui bawha game ini bukan lah sebuah kebutuhan tetapi terkadang seseorang menyalah gunakan dan menjadikannya kebutuhan sehari-hari. Di harapkan bagi anda masyarakat Indonesia gunakanlah waktu sebaik mungkin dan jangan hanya bermain game saja. Karena game bukan lah hasil dari segalanya. Bermain game boleh tetapi harus tau aturan main dan aturan waktunya.

 

 

Post a Comment

0 Comments